Pagi ini saya menerima surat edaran dari sekolah putri kami. Berisi beberapa kegiatan sekolah menjelang akhir tahun pelajaran. Alamak!!! Banyak banget nih kegiatannya. Meskipun jam pelajaran sekolah enggak sepanjang hari-hari biasa, tetapi sangat terlihat bahwa jadwalnya sangat padat. Terlebih hendak memasuki bulan puasa. Otomatis semakin bertambah dengan kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan.





Eh,  tiba-tiba saja mata ini mengarah pada tanggal libur sekolah. Wow,  panjang juga waktunya. Hmmm ya maklumlah. Sebab bertepatan dengan hari raya pula. Alhasil khayalan ini mulai bermain-main dengan rencana, kemana ya liburan kali ini, dan apa saja yang akan dilakukan bersama keluarga. Lebih tepatnya berpikir, bagaimana mengisi liburan yang menyenangkan dan berkesan,  bagi seluruh keluarga. Enggak mau kan,  waktu yang krusial bagi anak-anak ini 😂 lewat begitu saja tanpa kegiatan? Alias zonk😂.





Hmmm ternyata enggak semudah yang dibayangkan. Sebab tidak semua anggota keluarga setuju dengan satu rencana liburan. Bisa jadi mereka memiliki pendapat lain terkait hal tersebut. Mau tidak mau kita harus pandai mencari wacana,  kira-kira kegiatan seru apa sih, yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi liburan. Sepakatkah semua anggota keluarga dengan rencana tersebut. Lucu juga kan,  jika orangtua ingin berlibur ke pantai, eh anak-anak maunya mendaki gunung😂.





Etapi, apakah liburan selalu identik dengan bepergian ke lokasi wisata? Tidak adakah kegiatan seru lain yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan liburan? Dan ternyata ada loh. Mau tahu ya? Yuks baca sampai selesai ya😊😊😊









Belajar bersosialisasi dan silaturahmi.





Lho bukankah di sekolah sudah bersosialisasi? It's okay. But, tidak ada salahnya anak-anak diajak  mengundang teman-teman sepermainan, untuk bermain dan makan bersama di rumah. Anak-anak akan belajar cara menghormati tamu, bersosialisasi, serta mempererat silaturahmi.









Menyayangi lingkungan.





Ajaklah anak-anak menghabiskan liburan,  dengan kegiatan sayang lingkungan. Berkemah, berkebun, mengunjungi kebun binatang, atau ke taman wisata petik buah. Alhasil anak-anak akan memahami proses pertumbuhan populasi makhluk hidup,  serta bagaimana menjaga dan memelihara lingkungan demi kehidupan manusia.









Asah kreatifitas.





Berikan anak-anak kegiatan yang mengasah kreatifitasnya. Seperti menggambar, membuat pekerjaan tangan,  atau memasak. Dari sini orangtua akan melihat dimana potensi anak yang bisa dikembangkan,  serta mengarahkan agar kreatifitasnya semakin berkembang.









Menambah ilmu.





Berlibur sambil menimba ilmu? Bisa banget tuh. Tinggal kunjungi saja museum atau perpustakaan daerah. Di museum anak-anak akan belajar sejarah. Di perpustakaan anak-anak bisa membaca apapun yang mereka suka. Sedikit banyak juga meminimalisir penggunaan gadget oleh anak-anak, bukan?😉









Olah tubuh.





Liburan juga bisa diisi dengan berolahraga,  seperti bersepeda atau berenang. Mau mencoba berolahraga ski? Hmmmm boleeeeh. Contohnya bermain ski es dan permainan lainnya, di area bersalju Trans Snow World Bekasi seperti ini pasti mengasyikkan. Tubuh sehat dan bonusnya,  seolah-olah merasakan berlibur ke negeri bersalju. Asyik banget kan?😍









Belajar berbisnis.





Bisa banget nih mengisi liburan sambil belajar berbisnis. Contohnya membuat ketrampilan tangan dan aksesoris. Atau kumpulkan barang-barang yang sudah tak terpakai tetapi masih dalam kondisi bagus. Lalu letakkan semua di halaman depan rumah. Pasang pengumuman bahwa barang-barang tersebut, dijual dengan harga terjangkau. Dengan demikian anak-anak akan belajar berbisnis, berpenghasilan,  dan mengelola keuangan dengan cara sederhana.









Menambah ilmu agama.





Liburan seru juga bisa diisi dengan menambah ilmu agama. Seperti berwisata religi atau berkunjung ke panti asuhan. Anak-anak akan belajar memperdalam ilmu agama, serta mengasah kepekaaan dan rasa solidaritas dengan sesama. Bukankah hal ini juga termasuk salah satu hal yang diajarkan oleh agama?





Nah, ternyata berlibur tak selamanya identik dengan bepergian ke beberapa destinasi wisata, ya. Ada banyak hal seru dan bermanfaat yang dapat dilakukan, untuk mengisi liburan. Dijamin deh, sensasinya tak kalah dengan menikmati obyek-obyek wisata.





Hmmmm rasanya sudah enggak sabar lagi  menikmati liburan bersama keluarga. Kira-kira kurang berapa hari lagi  ya? 🤔🤔🤔


22 Komentar

  1. Asik ya udah punya rencana liburan bersama keluarga ^^

    BalasHapus
  2. Sangat menginspirasi.. liburan hemat kebahagiaan didapat..

    BalasHapus
  3. iya..ini orangtuanya kurang piknik😂

    BalasHapus
  4. Setuju banget ini mbak nggak mesti harus mahal ini mah apalagi kaya aku belum gajian tanggal segini wadau

    BalasHapus
  5. Setuju banget ya mbak terutama point' menambah ibadah

    BalasHapus
  6. wah bener banget sih bun, baru sadar juga setelah baca tulisan ini. enggak harus mencari objek wisata yang belum dikunjungi. hanya dirumah dan sambil menghafal al-qur'an juga bisa jadi kegiatan super positiv dan menambah ilmu untuk anak-anak. Minimal bisa hafal surah pendek. Siap, makasih sharingnya bun.

    BalasHapus
  7. Liburan memang bisa dimana saja, yang penting bersama-sama

    BalasHapus
  8. Aku mupeng banget ke Trans Snow World, tapi kalau pas liburan enggak dl deh. Dijamin rame kayak cendol. Ntar sebelum libur aja kalau bisa sempetin ke sana dl.

    BalasHapus
  9. Wiih oke banget ni tipsnya Bun.. aku kok kadang masih suka kasak kusuk nek anak-anak libur meh ngapain. Ternyata banyak ya kegiatan yang bisa dilakukan barengan. Asiik, mumpung ini menjelang libur, coba tak praktekkan ya mba.. suwuuun

    BalasHapus
  10. Wah aq blm punya ide buat liburan kemana, lbh sering dadakan gitu. Asek yaa liburan kluarga ala mba, bisa jd tmbh rekat hubungan kluarga n bs bahagia.

    BalasHapus
  11. Liburan hemat ala keluarga sya itu berarti mengunci diri dirumah dan nonton TV hehehehe

    BalasHapus
  12. hemat tapi tetep bahagia mbak😍

    BalasHapus
  13. iya mbak...malah kadang yang ngga direncanakan itu yang berhasil😁

    BalasHapus
  14. siiiiiippp pokoke,..semoga lancar yaaaa

    BalasHapus
  15. hahaha..bener mbak...kalau musim liburan betul-betul kayak cendol...desak-desakan ngga bisa gerak😂

    BalasHapus
  16. betul miss..kegiatan ibadah tetap harus ada di setiap kesempatan😊

    BalasHapus
  17. yang penting tetap bahagia😊😊😊

    BalasHapus
  18. Jadi anak walau di rumah nggak bosen ya bun. Tetap ada banyak hal yang bisa mereka dapatkan malah dengan cara menyenangkann. Aku juga di rumah suka ngasih anak kegiatan edukasi juga mengalihkan dia dari nonton tv dan main hp biar nggak ketergantungan

    BalasHapus
  19. betul bun...tugas berat kita saat ini hindarkan anak dari maen hp terus menerus

    BalasHapus