Kamis, 12 November 2020

Momentum Hari Ayah, Berikut Empat Film Keren Mengharu Biru tentang Sosok Ayah


         Sumber gambar : pixabay


Betapa kurang updatenya saya. Dari status media sosial beberapa teman, saya baru mengetahui bahwa hari ini adalah hari ayah. Padahal sebelumnya saya hanya paham dengan adanya Hari Ibu,  yang ditandai di tanggal 22 Desember. 


Ayah. Tak bisa dipungkiri bahwa seorang ayah  juga memiliki peran besar dalam sebuah keluarga. Sebagai kepala keluarga yang harus dihormati, pencari nafkah, pendidik, pengayom dan pelindung bagi keluarga. Meskipun ada kalanya semua peran tersebut ia jalankan tanpa banyak bicara.


Saya pun pernah memiliki figur ayah yang sangat saya kagumi hingga saat ini. Teringat betul betapa ayah saya dulu adalah seseorang yang sangat protektif terhadap anak-anaknya. Terlebih saya adalah anak perempuan satu-satunya. Terhadap sikap beliau yang sangat protektif ini, jujur saya tak pernah merasa keberatan. Karena saya yakin, sikap protektif beliau semata-mata demi kebaikan anak-anaknya.


Berbicara tentang sosok ayah, saya jadi teringat, ada beberapa film tentang figur seorang ayah yang mengharu biru,  dan sangat layak menjadi tontonan keluarga. Film apa sajakah itu? 


Finding Nemo.


   Sumber gambar : Disney Movie


Memang sih ini hanya film kartun dan sangat cocok untuk tontonan anak-anak. Berkisah tentang kehidupan ikan kecil di lautan yang luas. Namun siapa sangka jika  film ini ternyata memiliki pesan moral tentang perjuangan seorang ayah. Betapa ikan bernama Marlin yang berjuang mencari Nemo anaknya yang hilang di lautan lepas. Betapa khawatirnya Marlin karena Nemo memiliki sirip cacat, dan ia tak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada anaknya. Di film inilah tergambar dengan jelas,  bahwa ayah memiliki peran sangat besar sebagai pelindung keluarga.


The Pursuit of Happines


      Sumber gambar : wikipedia

Siapa sih yang tak kenal dengan aktor yang satu ini? Yes, Will Smith adalah pemeran utamanya.  Si hitam manis dengan aktingnya yang ciamik, mampu mengaduk emosi penonton,  tatkala berperan sebagai Chris Gardner. Seorang ayah yang berprofesi sebagai penjual alat kesehatan. Kehidupannya  tiba-tiba berantakan akibat perceraiannya dengan sang istri,  membuat hidupnya menjadi tak tentu arah di jalanan,  bersama dengan anak semata wayangnya,  yang diperankan oleh anaknya sendiri yaitu Jaden Smith. Di sini sangat terlihat jelas peran penting sang ayah,  bahwa bagaimanapun kondisi yang sedang dihadapi, 

maka mau tak mau ia tetap harus bertanggung jawab atas keluarganya. Film ini menjadi sangat apik karena diperankan langsung oleh Will Smith dan Jaden Smith,  yang memang benar-benar memiliki hubungan ayah dan anak, sehingga chemistry antara keduanya terasa sangat menyatu.


Mrs Doubtfire.


      Sumber gambar : wikipedia


Film ini rilis di tahun 1993,  dan waktu itu saya sangat suka dengan film ini (Jadi ketahuan kan berapa usia saya sekarang. Ups😂). Film yang dibintangi oleh Robin William sebagai pemeran utamanya,  ini juga mampu mengaduk emosi penonton. Berkisah tentang seorang suami berkarakter sangat berbeda dengan sang istri,  yang karena persoalan sepele justru menjadi biang perceraian. Hak asuh anak pun jatuh ke tangan sang istri. Sehingga sang suami Daniel Hillard yang diperankan oleh Robin William ini,  berusaha keras untuk tetap dekat dengan anak-anaknya.  Caranya dengan menyamar sebagai asisten rumah tangga dan pengasuh anak-anak. Bisa dibayangkan kelucuan dan keharuan,  ketika ayah dan anak-anaknya saling bertemu,  sampai merasa keterikatan batin yang sangat kuat diantara mereka. Terbukti bahwa setegas atau sekuat apapun, seorang ayah tetap memiliki rasa rindu, dan ingin selalu dekat dengan anak-anaknya.


CJ7.


      Sumber gambar : IDN times


Film yang rilis tahun 2008 ini merupakan produk Asia,  namun memiliki cerita dan pelajaran luar biasa tentang perjuangan seorang  ayah.  Dibintangi oleh Stephen Chow sebagai ayah,  yang berkehidupan miskin dengan anak semata wayangnya. Meskipun miskin, ia bertekad memberikan pendidikan terbaik untuk anaknya. Ia menyekolahkan sang anak di sekolah terbaik,  dengan tujuan si anak bisa mengenyam pendidikan yang jauh lebih baik dari ayahnya. Namun sang anak terus menerus mendapat perlakuan tak baik dan dijauhi teman-temannya,  hanya karena kemiskinannya. Lalu tiba-tiba datanglah makhluk asing bernama CJ 7 yang akhirnya menjadi sahabat si anak. Si anak awalnya memanfaatkan kehadiran CJ7 ini untuk memenuhi semua keinginannya. Tetapi sang ayah tak menyukai tindakan tersebut,  dan tetap berusaha mengajarkan anaknya agar selalu jujur pada diri sendiri. 


Itulah empat film tentang ayah yang sukses membawa perasaan untuk selalu merindukan dan menyayangi sosok ayah. Nah, bagaimana dengan teman-teman? Film tentang ayah apa yang menjadi favorit untuk dinikmati sebagai kebersamaan,  atau mengenang sosok ayah?


11 komentar:

  1. Mbak, aku saran film Miracle in cell no. 7... Katanya sih ini buat airmata mengalir deraaas sekali. Tapi aku belum berani nonton karena belum mau sesenggukan. Btw, terimakasih rekomendasinya Mbak, jujur yang baru aku tonton itu cuma Finding Nemo disini. Nanti aku mau lanjut nonton deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gitu ya....aku baru tau ada film yang judulnya mbak sebut tadi....coba ah nanti aku cari filmnya....yang empat tadi kebetulan sudah nonton semua😊😊😊

      Hapus
  2. Semua dah pernah bonton kecuali cj7. Semua nya emang bagus2 pesan moralnya. Makasih mba sudah berbagi.

    BalasHapus
  3. Ah sosok bapak ini memang tidak sedrama sosok ibu ya. Padahal figur bapak sangat penting untuk tumbuh kembang anak2. Btw itu film menharukan semua mbak. Yg bintangnya stephen chow yg saya blm nonton. Anyway thanks sudah diingatkan tentang hari ayah. Sayapun ga ngeh hehhe

    BalasHapus
  4. Semuanya udh aku tonton...dan hey, semuanya bikin mbrebes mili..

    BalasHapus
  5. Film CJ7 bener-bener film yang tak lekang oleh waktu mbak, mau ditonton ulang berapa kali pun tetep nangis, huhu

    BalasHapus
  6. Aku baru tau ada film Mrs Doubtfire, filmnya kayanya seru ya itu. Menguras air mata kaya 3 film lainnya ga ya?

    BalasHapus
  7. Kadang kalo lagi pengen nangis pasti nyarinya film yang kek gini gini, tapi aku baru nonton yang Finding Nemo.. baiklah terimakasih untuk rekomendasi filmnya mbak, ini masuk daftar film yang bakal ku nonton kalo lagi pengen nangis wkwkw

    BalasHapus
  8. The Pursuit of Happiness yg belum aq tonton. Kayanya mengharu biru ya apalagi yg main bapak anak beneran.
    CJ7, gemes bgt sama si alien hijau yg kawai ini 😅 dan yeessss sukses bikin sesenggukan dong 😭 coba Miracle in Cell no. 7 mba. Siapin tisu yg banyak tapinya 😅

    BalasHapus
  9. waah, ayahku dulu juga protektif banget , Mbak..
    dari film-film itu kita bisa banyak belajar menjadi ayah yang baik ya Mbak...aku baru sempat nonton beberapa ternyata

    BalasHapus
  10. Ahh mengharukan ya perjuangan ayah untuk masa depan anak-anaknya, aku yang belum nonton CJ7 ini..yang lain bikin terharu...

    BalasHapus

8 Manfaat Ngeblog bagi Ibu Rumah Tangga, No 8 Asyik Banget

                                                                               Pexels Menekuni dunia menulis di media blog sejak lima tahun ...