4 Jenis Sedekah




Tahukah teman, bahwa jika kita berbicara tentang sedekah, mayoritas orang berpendapat bahwa sedekah adalah berbentuk uang/materi yang kita berikan kepada orang lain yang membutuhkan seperti fakir miskin, anak yatim atau kaum dhuafa,  dengan tujuan  untuk membantu meringankan beban hidup mereka. Tetapi teman, tahukah kalian jika ternyata sedekah tak hanya berbentuk materi saja, lho. Ada beberapa jenis sedekah yang bisa kita lakukan demi mendapat pahala dan ridho Allah SWT. Dan terkadang sedekah tersebut tak pernah kita sadari. 

 

Sekarang coba ingat kembali apakah kalian pernah memberikan sebuah buku kepada anak yang tak mampu membelinya? Atau pernahkah teman menyisihkan sedikit dana untuk pembangunan masjid? Atau bahkan hanya sekedar memungut sampah di jalan dan memasukkannya ke tempat sampah? Nah, ternyata hal-hal kecil semacam itu bisa digolongkan dalam bentuk sedekah. 

 

Nah, kalau begitu apa sajakah jenis sedekah tersebut? Oke, kita akan membahasnya, ya.

 

4 Jenis Sedekah

 

Amal perbuatan sedekah dapat digolongkan menjadi 5 jenis.

 

Sedekah Materi/Uang.

 

Nah, ini jenis sedekah yang berwujud memberikan sebagian rezeki bisa berupa uang atau materi. Sebagai contoh memberikan sejumlah uang kepada pengemis di jalan atau pengamen. Bisa juga dalam bentuk mengumpulkan barang seperti selimut, pakaian layak pakai, obat-obatan untuk korban bencana alam. Membeli beberapa bungkus nasi untuk diberikan kepada orang berpuasa juga termasuk dalam sedekah materi ini, lho.




 Sedekah Senyum.

 

Ada sebuah hadist yang mengatakan :

 

"Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah, perintahmu kepada berbuat baik dan mencegah kemungkaran adalah sedekah, petunjukmu kepada seseorang yang tersesat adalah sedekah, menuntunmu kepada orang yang kabur penglihatannya adalah sedekah, kamu menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan (yang dapat membahayakan pengguna jalan) adalah sedekah, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu adalah sedekah." (H.R. At-Tirmidzi)

 

Nah, hanya dengan tersenyum manis kepada semua orang, teman-teman sudah melakukan amal ibadah sedekah, lho. Sebab tersenyum adalah sedekah yang paling mudah namun mampu memberikan kebahagiaan kepada setiap orang. So, berikan senyum terbaik teman-teman, ya.


Sedekah Jariyah.

Untuk jenis sedekah ini, seseorang bersedekah dalam bentuk memberikan harta untuk pembelian atau pembangunan fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan oleh banyak orang. Katakan seperti sedekah jariyah pembelian Alquran untuk masjid. Dimana Alquran tersebut akan dibaca oleh setiap orang yang beribadah di masjid. Atau menyerahkan harta untuk pembangunan masjid, pondok pesantren atau sekolah. Sedekah Jariyah ini memiliki pahala luar biasa yang akan terus mengalir meskipun kita sudah meninggalkan dunia ini. Seperti hadist berikut

"Jika manusia meninggal dunia, maka terputus amalnya. Kecuali tiga, yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya." (H.R. At-Tirmidzi)


Sedekah mempermudah orang lain.

Sedekah ini merupakan perbuatan yang ringan dan terkadang sangat remeh namun mendatangkan pahala bagi yang melakukannya. Contohnya dengan menyingkirkan sebuah batu di jalan, agar orang lain tidak terjatuh. Gerah dengan banyaknya sampah berserakan? Teman-teman bisa memungutnya dan memasukkannya ke tempat sampah. Alhasil perbuatan seperti ini juga akan digolongkan dalam bentuk sedekah.

 

Nah, terbukti bukan jika sedekah itu tak hanya berbentuk uang. Bahkan perbuatan kecil dan sering tanpa kita sadari yang membawa manfaat serta kebaikan juga termasuk jenis sedekah.

Jadi, yuk sedekah!


0 Komentar