7 Ibadah di Hari Jumat yang Datangkan Pahala Kebaikan




Hari Jumat adalah salah satu waktu yang memiliki banyak keistimewaan. Dalam sebuah hadist disebutkan

“Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintaannya,” (HR. Muslim). Sehingga itulah sebabnya  hari Jumat disebut juga sebagai hari raya umat muslim.  Sebab semua amal ibadah di Hari Jumat yang dilakukan setiap manusia akan berbuah pahala dan kebaikan berlipat dari Sang Maha Kuasa.  Setidaknya itulah pemahaman sederhana  yang selalu saya dengar dari ceramah ulama dan tokoh agama.

 

Berkenaan dengan itu, maka alangkah baiknya jika di hari Jumat,  setiap orang entah pria dan wanita berlomba-lomba dalam melakukan ibadah yang berpotensi mendatangkan pahala berlipat tersebut. Bukankah kita harus mencari bekal amal ibadah sebanyak-banyaknya di dunia ini sebelum berpulang kepadaNya?

 

Namun sayangnya, terkadang  orang berpendapat, bahwa keistimewaan hari Jumat terletak pada pendeknya waktu untuk melakukan aktivitas. Teman-teman pasti sering berkata atau berpikir "Ayo, cepat selesaikan semua urusanmu. Sekarang hari Jumat. Hari pendek. Nanti enggak keburu." Selain itu hari Jumat juga identik dengan semakin dekatnya waktu untuk berakhir pekan. Hari yang sangat dinantikan oleh semua orang untuk melepas penat,  setelah seminggu sibuk beraktivitas.

 

Lalu bagaimana dengan kain wanita? Nah, ini beda lagi teman. Bagi sebagian kaum wanita hari Jumat adalah waktu yang sangat tepat untuk berjalan-jalan dan berbelanja. Dan ups, saya pun pernah memiliki pendapat yang sama. Ketika kaum pria menunaikan ibadah shalat, saya dan teman-teman wanita,  lebih memilih mendatangi pusat perbelanjaan atau cafe untuk bersantai. Oh, No!!

 

Padahal sekali lagi, sebenarnya hari Jumat sangat baik dan dianjurkan,  untuk banyak melakukan kebajikan. Melakukan ibadah di hari Jumat demi mendapatkan  pahala berlipat berlipat ganda sesuai dengan janji Allah SWT.

 

7 Ibadah di Hari Jumat yang Datangkan Pahala Kebaikan

 

Bersih Diri.

Hari Jumat identik dengan waktu untuk membersihkan diri. Meskipun di hari lain kita juga harus selalu melakukannya, akan tetapi membersihkan diri di hari Jumat memiliki keistimewaan,  lho.Seperti memotong kuku, merapikan rambut, mandi lalu memakai pakaian yang bersih dan rapi untuk bersiap menunaikan ibadah sholat Jumat, sesuai dengan Sunnah Rasulullah SAW.


Sholat Jumat.

Bagi kaum pria menunaikan sholat Jumat adalah wajib hukumnya. Sehingga harus berusaha semaksimal menunaikannya di awal waktu. Mendengarkan ceramah yang disampaikan dengan baik dan juga bersedekah.

 

Berdzikir.

"Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk sholat pada hari Jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah SWT". (QS.Al-Jumu’ah: 9).

Dari  ayat Alquran tersebut di atas jelaslah bahwa berdzikir merupakan salah satu amal ibadah mengingat Allah yang sangat dianjurkan di hari Jumat.

 

Bershalawat.

Bershalawat juga merupakan ibadah yang sebaiknya kita lakukan untuk mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW. Sebab Rasulullah SAW bersabda

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada  hari kiamat nanti.” ( HR Al Baihaqi 3:249 ). Jadi kalau ingin mendapat syafaat Rasulullah SAW, maka perbanyak shalawat di hari Jumat, ya.

 


Membaca surat Al Kahfi.

Mengapa setiap Jumat juga dianjurkan untuk membaca Surat Al Kahfi? Sebab ada beberapa keutamaan yang akan kita dapat jika melakukan ibadah ini. Yaitu diantaranya akan terhindar dari fitnah Dajjal dan mendapatkan cahaya di hari kiamat. Dalam hadist An Nasa’I dan Baihaqi  juga disebutkan bahwa

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.”

 

Berdoa.

Berdoa adalah upaya seorang manusia untuk mengajukan permohonan akan terkabulnya harapan dan keinginan kepada Allah yang Maha Kaya. Berdoa juga merupakan salah satu jalan seorang menusia untuk memohon ampun atas semua kesalahan. Berdoa adalah wujud komunikasi manusia kepada Sang Pencipta.

“Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jum’at lalu ia bersabda, Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari no. 935 dan Muslim no. 852, dari sahabat Abu Hurairah). Jadi, terus perbanyak doa di hari Jumat, ya.



Bersedekah.

Jangan lupa pula untuk selalu bersedekah di hari Jumat. Bisa berupa sedekah nasi, sedekah materi, atau pun sedekah jariyah. Sertai dengan niat ikhlas agar mendapat  ridho dan keberkahan dari Allah SWT.

Melakukan amal ibadah seyogyanya harus kita lakukan setiap saat dan tanpa terputus. Namun berusahalah untuk memaksimalkan ibadah di hari Jumat. Sebab ada banyak pahala dan keberkahan yang sudah disiapkan oleh Allah SWT kepada hambaNya yang ikhlas dan taqwa.



0 Komentar