8 Manfaat Ngeblog bagi Ibu Rumah Tangga, No 8 Asyik Banget

 


                                                                             Pexels

Menekuni dunia menulis di media blog sejak lima tahun lalu, sejatinya hingga saat ini saya merasa belum mencapai apa yang saya inginkan. Terutama apa manfaat ngeblog yang bisa diperoleh bagi ibu rumah tangga seperti saya. Sebab tak bisa dipungkiri sejak memutuskan resign dan beralih peran,  otomatis banyak sekali perubahan yang harus saya sikapi dalam hal jadwal keseharian, agar secepatnya mampu menyesuaikan diri dan tetap produktif.

Beruntunglah saya ketika mencoba bergabung di komunitas ODOP (One Day One Post), yang banyak memberikan ilmu seputar dunia menulis dan ngeblog. Seperti minggu lalu yang membahas materi tentang BIG WHY,  atau apa alasan terbesar saat memutuskan menceburkan diri ke dalam dunia menulis dan blog. Konon ketika sudah mengetahui apa yang menjadi BIG WHY ini, seseorang akan berpeluang besar berhasil di bidang menulis dan ngeblog ini.

Seketika itu saya langsung mengamini apa yang menjadi pembahasan malam itu. Bahwa memang sebenarnya diperlukan alasan atau tujuan yang sangat kuat untuk melakukan suatu hal. Setidaknya BIG WHY inilah yang akan menjadi penyemangat di saat belum berhasil,  atau ketika terkontaminasi rasa malas. Tinggal selanjutnya berikhtiar semaksimal mungkin, percaya pada proses, lalu yakin bahwa hasil apapun  adalah yang terbaik.

Pada akhirnya saya berpikir. Eh benar juga. Bahwa selama ini saya belum menemukan apa sih yang menjadi BIG WHY itu. Jadi bisa dilihat kan hasilnya. Bahwa hasil ngeblog saya cuma sekedar untuk pengisi waktu luang. Rasa malas juga lebih besar dibanding semangat untuk menulis. Namun anehnya di sisi lain saya selalu merasa iri dan ingin berhasil seperti orang lain.

So, mungkin ini saat yang tepat untuk lebih serius menekuni dunia blog.  Dengan mulai menentukan apa sih yang menjadi alasan dan tujuan terbesar saat ini, sehingga saya akan lebih semangat dan konsisten mengisi blog. Nah, untuk itu sebaiknya saya mencari tahu terlebih dahulu,  apa saja manfaat ngeblog terlebih bagi ibu rumah tangga seperti saya. Kuy, lanjut!

8 Manfaat Ngeblog Bagi Ibu Rumah Tangga

Ternyata aktivitas ngeblog, membawa banyak manfaat bagi ibu rumah tangga.

1. Menambah Ilmu.

Salah satu manfaat ngeblog adalah bertambahnya ilmu.  Terutama tentang teknologi, bahasa pemrograman yang super duper rumit itu, ilmu tentang komputer dan tentu saja ilmu menulis. Sehingga bagi ibu rumah tangga tentunya hal ini menjadi tantangan tersediri, ketika di tengah rutinitas mengurus keluarga, harus belajar lagi ilmu yang lebih kompleks. Namun yang jelas pasti ada kepuasan tersendiri nantinya, saat ilmu yang didapat bisa dipraktekkan,  dan membawa manfaat di kemudian hari.

                                                                         Pexels

2. Pertambahan Jaringan Pertemanan.

Keberhasilan dari seseorang yang terjun ke dunia blog,  juga ditentukan ketika ia memutuskan bergabung dalam sebuah komunitas, serta  berinteraksi aktif di dalamnya dengan semua anggota. Entah komunitas yang berkegiatan secara offline ataupun online. Berinteraksi dengan saling berkenalan, sharing ilmu, atau juga membicarakan hal lain yang menjadi topik terhangat. Dengan demikian saat bergabungnya seseorang ke sebuah komunitas, pastinya akan menambah jumlah teman dari segala arah. Tak menutup kemungkinan dari sanalah awal pintu rezeki akan terbuka.

3. Alternatif Me Time.

Bagi ibu rumah tangga dengan segudang rutinitas yang rasanya tak pernah selesai, ada kalanya membutuhkan satu waktu,  dimana ia ingin mengistirahatkan badan dan pikiran. Merilekskan diri dengan menyediakan sedikit waktu untuk melakukan Me Time. Dan menekuni dunia blog bisa menjadi pilihan  untuk mengisi waktu Me Time tersebut. Apalagi jika menulis sudah menjadi hobi sejak dulu. Otomatis menulis blog akan menjadi kegiatan yang menyenangkan,  dan terbukti membawa badan dan pikiran segar kembali.

4. Sarana Terapi Jiwa.

Ngeblog ternyata juga bisa bermanfaat sebagai sarana terapi jiwa. Bayangkan saja ketika merasa sedih atau marah, seseorang bisa menumpahkan perasaaannya lewat media menulis. Selayaknya curhat kepada sahabat, ada beberapa orang yang merasa nyaman untuk menuangkan curahan hatinya dengan menulis. Tentunya dengan harapan setelah menulis kondisi emosinya sudah jauh lebih stabil.

5, Sarana Berdakwah.

Ada juga seseorang yang menulis demi tujuan berdakwah kepada orang lain. Berbekal pengetahuan yang sudah dipelajari, dan  mencoba menularkan ilmu positif itu kepada orang lain. Dengan harapan orang lain bisa terinspirasi dari tulisan tersebut dan menjadi motivasi dalam hidupnya di kemudian hari. Alhasil ketika hal tersebut terwujd, maka seorang penulis akan merasakan kepuasan batin yang sangat luar biasa saat menyaksikan orang lain termotivasi setelah membaca tulisannya.

                                                                            Pexels

6. Mengasah Kemampuan.

Bagi yang suka dengan tantangan, aktivitas ngeblog juga bisa jadi ajang pembuktian dalam mengasah kemampuan. Coba saja ketika mengikuti lomba menulis atau ngeblog. Dengan banyaknya syarat yang harus dipenuhi, beragamnya riset yang harus dilakukan di tengah batas akhir yang semakin dekat, tantangan menjadi semakin seru, dan akan membawa kepuasan tersendiri,  saat tantangan berhasil ditaklukkan atau bahkan dimenangkan.

7. Satu Cara untuk Tetap Produktif.

Mungkin tak akan pernah terbayangkan sebelumnya jika pandemi terjadi di negara ini, yang membuat banyak aktivitas tertunda,  serta harus merelakan diri kehilangan pekerjaan serta  penghasilan. Alhasil dalam kondisi seperti ini, diperlukan pola pikir pantang menyerah,  dalam mencari alternatif  kegiatan baru,  agar tetap produktif meskipun di rumah saja. Pastinya ngeblog akan menjadi salah satu jalan untuk tetap produktif yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

                                                                            Pexels

8. Menambah Penghasilan.

Alhasil dengan mencoba produktif, pastinya penghasilan akan mengikuti. Begitu pula dengan dunia blog. Semakin konsisten menulis blog, kemungkinan peluang mendapatkan penghasilan semakin besar. Saat ini banyak sekali pekerjaan lepas,  yang membutuhkan jasa seorang blogger untuk mempromosikan suatu produk. Ada juga pekerjaan sebagai content writer atau content placement. Bahkan ketika memenangkan satu lomba blog, terkadang hadiah yang tersedia cukup menggiurkan, bahkan dengan nominal yang jauh melebihi penghasilan seorang karyawan. Cukup menarik,  bukan?

 

Nah, setelah ini, rasa-rasanya ibu rumah tangga seperti saya mampu untuk lebih serius menekuni aktivitas ini. Setidaknya diperlukan satu tekad kuat untuk selalu mengingat apa yang menjadi BIG WHY, lalu mempelajari apa manfaat ngeblog tersebut. Selanjutnya berusaha keras untuk tetap konsisten mencari ide,  dan segera menuangkannya dalam bentuk tulisan di media blog. So, Happy blogging!

                                                                        

Posting Komentar

44 Komentar

  1. Menambah penghasilan ini bisa jadi manfaat bonus ya mbak, karena biasanya gak terlalu mikir kesana tapi ada aja jalannya untuk dapet rezeki dari ngeblog, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...dan saya juga baru menyadarinya...seandainya konsisten tentu ada hasilnya

      Hapus
  2. Kalo di saya ngeblog itu tadinya buat me-time, ceritanya ngalor ngidul ngga jelas tapi menyenangkan jiwa. eh setelah dapet klien malah jadi mikir template, niche dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun demikian...setelah beberapa kali belajar di sana sini ternyata konsisten ngeblog juga ada hasilnya🥰

      Hapus
  3. Setuju. Saya juga sebelumnya berpikir ngeblog itu cuma nulis aja, ternyata kita juga belajar banyak hal dengan adanya blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..sekarang saya jadi belajar lagi seperti bahasa pemrograman...dan ternyata ngga mudah dan lumayan pusing🤭

      Hapus
  4. Setuju banget, ngeblog itu menambah ilmu yang karena setiap mau menulis kita harus punya bahan yang cukup dan melakukan riset kecil-kecilan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat mbak Dew...tiap hari harus belajar untuk bahan menulis🥰

      Hapus
  5. Keren banget nih bisa ODOP ngeblog..aku sudah la ngga ikutan event begini, seru untuk memaksa diri menulis ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Dew...salah satu yang diajarkan ngodop adalah konsisten ngeblog

      Hapus
  6. Aku juga merasakan hal ini saat mulai ngeblog, terutama dalam mengasah kemampuan sama meluaskan jaringan pertemanan. Seru banget punya temen yg bisa sharing tentang tulisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak seru banget..apalagi kalau ada tantangan

      Hapus
  7. Aku seneng ngeblog, karena bisa nambah relasi, nambah wawasan, memperluas rezeki...^^

    BalasHapus
  8. Seneng banget bisa ngeblog.. dapat berbagai macam pelajaran dan teman-teman baru apalagi kalau bisa sampai menghasilkan cuan-cuan haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah cuan-cuan ini yang bikin melek emak-emak🤭

      Hapus
  9. betul bangeett, ngeblog adalah satu cara untuk tetap produktif. pengen banget bisa one day one post, triknya gimana sih mba? 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari ide terus menerus, diniatkan dan lagsung dilakukan🤭

      Hapus
  10. Mantaaaaap.... biar kata ibu rumah tangga ataupun ibu kantoran memang musti punya hobi yang selain bisa membuat rileks juga menambah wawasan serta pertemanan dan cuan ya mba.... mantul banget deh pokoknya ngga ada ruginya ngeblog terus .... sukses dan semangat mba yuhuuuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuuu...dulu waktu masih kerja, saya mulai menulis.. alhamdulilah sampe sekarang

      Hapus
  11. No 8 adalah jalan ninjaku hhihi meskipun sebenarnya tujuan awal bikin blog bukan untuk itu tpi lebih ke curhat sih atau pengen cerita2 aja dblog. Semoga sukses selalu mbak ku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih...sukses juga untuk mbak Musdalifah....yuk konsisten menulis👍

      Hapus
  12. Bener mba, aku termasuk newbie, pengen belajar banyak blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa terus belajar ya...nambah ilmu pastinya👍

      Hapus
  13. ODOP oh oh perjuangan banget ini mbak buat aku. Hihihitapi someday pengen ah bisa push diri sendiro untuk lebih rajin dan konsisten menulis thanks sudah ngingetin manfaat menulis ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama...belajar di Odop adalah salah satu cara mengingatkan diri sendiri untuk konsisten menulis

      Hapus
  14. Bener banget mb, aku masyaAllah pas pertama kali ditawarin rejeki dari blog Ya Allah seneng banget, padahal awal ngeblog murni curhat-curhat aja. Manfaat ngeblog bagi ibu rumah tangga sangat penting semoga para ibu di luar sana semakin cerdas berkat ngeblog, aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...semoga bisa terus konsisten menulis dan ngeblog serta merasakan manfaat dari menulis

      Hapus
  15. Aku setuju banget sama tulisanmu Mba Nining. Buatku, ngeblog ngga sekedar latian curhat eh nulis. Tapi jadi terapi jiwa, sekaligus buat nambah cuan wkwkwkkwk. Otak juga rasanya jd kepake lagi meski nggak ngantor formal. Pokomen seneng deh bisa jd blogger meski masih blogger ndeso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Bety adalah salah satu penyemangatku.... thengkiyuuh ya mbak sudah sering berbagi ilmu denganku 🤗

      Hapus
  16. Aduh big why ku apa yaa?
    Hmmmm.. setelah kupikir pikiiir.. rupanya selama ini saya nulis ngeblog lebih untuk alternatif me time hehe..jadi ngisinya kadang males kadang kslau lagi mau. Bisa bsnyak posting.
    Eh,tapi akhir akhir ini mungkin big why saya agak tergeser. Selama pjj ini blog saya jadi meningkat dikunjungi, banyak yang ngakses materi pembelajaran yg sering saya posting di blog. Awalnya saya buat untuk kepentingan mengajar murid saya sendiri, tapi makin ternyata banyak juga guru dari srkolah lain yang pakai. Malah ada ygdari luar jawa. Padahal pertamanya malu kalau sampai digunakan guru lain, takut jelek. Tapi srkarang saya pikir jangan betpikir takut jelek, walaupun konten blog saya sederhana tapi kalo itu bisa membantu guru lain, murid lain, saya rasa InsyaAllah bisa jadi ladang pahala. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantap jiwa ini🥰🥰🥰..semoga ilmu yang mbak Dewi ajarkan bermanfaat untuk banyak orang..aamiin ya Rabb 🤲

      Hapus
  17. Saya juga memiliki alasan yang sama dengan yang mbak tulis di atas. Awal ngeblog sekedar suka aja menulis dan berbagi, setelah makin ke sini, jadi pengin lebih profesional lagi meskipun masih banyak kekurangan di sana sini, yang penting kita tetap produktif, bahagia dan bermanfaat bagi orang lain ya mbak. Sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukses juga untuk mbak Ulfah...Insya Allah tulisan yang ada di blog bisa bermanfaat bagi yang membacanya

      Hapus
  18. Alhamdulillah saya juga mendapat manfaat dari beberapa poin diatas, termasuk dapat penghasilan. namun yang lebih seneng lagi adalah ketika ada DM dan WA yang bilang makasih karena tulisan di blog membantu pembaca :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah betul banget tuh...kalau tulisan bermanfaat bagi yang membacanya bahagia yang dirasakan luar biasa tuh🤗

      Hapus
  19. Ngeblog buatku kayak pengetahuan yg engga ada habisnya. Semakin digeluti, semakin penasaran. Efek no 8 tuh alhamdulillah banget.
    Walaupun tetap sih, menulisnya ya harus bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat mbak...menulis yang bermanfaat dan bonusnya adalah nomer 8🥰

      Hapus
  20. Ah benar. Ternyata no 8 paling mengasyikkan, meski me time juga nggak ada tandingan. Secara, hari gini siapa sih yang nggak suka cuan. Semua orang butuh kan. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...terutama untuk emak-emak yang butuh banget me time dan cuman🤭

      Hapus
  21. Yes, betul banget Mbak..saya sudah merasakan semua manfaat ngeblog.
    Selamat ngeblog ya Mbak, terus semangat dan semoga makin banyak mendapat manfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Dian juga favorit saya... terimakasih penyemangatnya..semoga mbak Dian juga selalu sukses

      Hapus
  22. Sepakat Mbak, manfaat ngeblog bagi ibu rumah tangga itu banyak. Apalagi seperti kita yang setelah resign memilih menekuni menulis di blog. Bisa terus mengasah otak kita supaya tetap bekerja, bisa mengalihkan kebosanan saat di rumah dan yang menyenangkan itu bisa menghasilkan ya...

    BalasHapus
  23. Iya mbak Nurul...setelah resign memang ada yang harus dilakukan supaya bisa tetap aktivitas dan meningkatkan kemampuan...apalagi kalau sudah konsisten dan menghasilkan...ngga perlu lagi kebingungan menyikapi resign

    BalasHapus