3 Aktivitas Seru Menyambut Ramadhan ala SD Khairunnas Surabaya, Mengajarkan Anak Mengenal Ibadah Sejak Dini

 


                                        Sumber gambar : Facebook SD Khairunnas Surabaya


Memilih sekolah yang tepat untuk anak, terutama berbasis ilmu keagamaan sejak dini merupakan harapan saya sejak dulu. Terlebih di tengah kondisi keprihatinan menurunnya moral dan adab saat ini, maka memberikan pemahaman agama sudah seharusnya menjadi prioritas utama,  sebagai bentuk tanggung jawab orangtua ketika nanti dipertanyakan oleh Sang Maha Pemberi Amanah. Syukur Alhamdulillah, saya menemukan sekolah yang sesuai dengan harapan. SD Khairunnas Surabaya, yang sejak awal menerapkan pendidikan agama kepada anak. Seperti kemarin, ketika SD Khairunnas Surabaya mengadakan berbagai kegiatan dalam rangka  menyambut Ramadhan di tahun ini.

 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang  penuh keberkahan. Itulah sebabnya di bulan ini, semua umat muslim berlomba untuk memaksimalkan ibadah dan memperbanyak amal kebaikan. Tak hanya diri sendiri, namun juga seluruh anggota keluarga. Tak terkecuali anak-anak. Sedapat mungkin sebagai orangtua  mengenalkan ibadah sedari kecil. Sebab Islam sendiri mengajarkan,  bahwasanya terdapat tiga amal yang tak akan terputus meskipun seseorang meninggal dunia. Salah satunya adalah doa anak yang sholeh.

 

Dari Abdullah bin Umar RA, Rasulullah SAW bersabda:

"Keridhaan Allah bergantung kepada keridhaan kedua orangtua dan murka Allah juga bergantung kepada murka kedua orang tua." (HR At-Tirmidzi (no. 1900)).

Dan,

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Ankabut ayat 8 disebutkan:

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ حُسْنًا ۖ وَإِن جَٰهَدَاكَ لِتُشْرِكَ بِى مَا لَيْسَ لَكَ بِهِۦ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَآ ۚ إِلَىَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya: "Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan." (QS Al-Ankabut: 8).

 

Nah, kembali terkait tentang mengenalkan ibadah kepada anak-anak ini, SD Khairunnas Surabaya tempat anak saya menimba ilmu,  mengadakan beberapa kegiatan yang cukup seru. Meskipun untuk saat ini semua kegiatan masih dilakukan secara daring, namun terbukti tak mengurangi kegembiraan anak-anak dalam menyambut Ramadhan. Kuy, simak yang berikut ini ya.


Baca Juga Ini Ya 10 Karakter Muslim Hebat

 

Menyambut Ramadhan ala SD Khairunnas Surabaya.

Terdapat tiga kegiatan seru dalam menyambut Ramadhan ala SD Khairunnas Surabaya berikut ini.




Tarhib Ramadhan.

Kegiatan pertama adalah Tarhib Ramadhan yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 1 sd 6. Dipandu secara daring oleh pihak sekolah, dalam kegiatan ini anak-anak mengikuti kegiatan Ramadhan Berkisah. Kali ini sekolah mengajak pendongeng bernama Kak Rika dan bonekanya,  untuk mengisahkan tentang sahabat Rasulullah yang konsisten membaca Alquran,  hingga mendatangkan keutamaan bagiNya. Juga tentang bagaimana sahabat ini selalu berdoa dengan yakin kepada Allah sebagai satu-satunya Sang Maha Pemberi. Di sini Kak Rika mengajarkan kepada anak dengan cara yang menarik,  agar anak-anak gemar membaca Alquran setiap hari dan menjadikannya satu kebiasaan, agar berkelimpahan keberkahan seperti sahabat Nabi. Kak Rika juga mengajarkan untuk selalu menuliskan doa dan memanjatkannya dengan khusyuk. Terlebih di bulan Ramadhan ini, di mana semua permohonan akan Allah kabulkan.

Yang menarik dari acara Ramadhan Berkisah ini, anak-anak diwajibkan membuat dan memakai atribut sesuai kreasinya masing-masing,  dengan tema Marhaban Yaa Ramadhan. Alhasil, selama kegiatan tersebut, lucu juga  melihat tingkah laku anak-anak yang menyimak Ramadhan berkisah lengkap dengan atribut mereka. Menariknya pula pihak sekolah menyediakan hadiah, bagi yang memiliki kreasi atribut terbaik dan terlucu. Wah, semoga nama pemenangnya segera diumumkan ya.




 Dering Ramadhan.

Berikutnya ada kegiatan Dering Ramadhan. Wah kegiatan apa lagi ini? Ternyata Dering Ramadhan adalah kegiatan yang dimaksudkan,  untuk memupuk rasa kebersamaan, kekompakan,  dan empati anak-anak kepada teman-temannya. Caranya wali kelas membentuk kelompok yang terdiri 7 atau 8 anak, yang akan bergantian menjadi ketua kelompok. Nantinya ketua kelompok ini bertugas melakukan panggilan video,  ke teman-teman lain dalam satu kelompok untuk saling mengingatkan. Kelas 1 bertugas mengingatkan tentang niat puasa dan dibaca bersama. Sedangkan untuk kelas 2 sd 6 bertugas membangunkan teman-teman lain dalam satu kelompok,  untuk makan sahur. Cukup seru, bukan? Terlebih setelah hampir satu tahun belum pernah bertemu dengan teman baru akibat pandemic, akhirnya kegiatan Dering Ramadhan tersebut juga menjadi ajang reuni dengan teman sekelas. Sungguh lucu sekaligus mengharukan. Semoga pandemic segera berlalu,  dan anak-anak bisa bertemu kembali dengan guru dan teman-temannya.




 Ramadhan Fighter.

Ramadhan Fighter ini juga menjadi kegiatan seru mengisi bulan puasa dari pihak sekolah. Yaitu mengajak anak-anak menjadi pejuang Ramadhan hingga hari terakhir. Pejuang yang mengisi hari-hari puasanya dengan amal ibadah sebanyak-banyaknya selama bulan Ramadhan. Anak-anak mendapat lembar aktivitas yang di dalamnya tercantum jenis-jenis kegiatan ibadah. Diisi oleh orangtua, apakah di hari itu anak melakukan ibadah tersebut ataukah tidak. Kemudian orangtua melaporkan kepada pihak sekolah untuk dirangkum dan mendapatkan penilaian. Anak yang mendapatkan nilai terbaik,  akan ditetapkan sebagai Bintang Ramadhan SD Khairunnas dan berhak mendapatkan hadiah dari sekolah. Wah, jadi penasaran nih siapa nanti yang akan menjadi Bintang Ramadhan SD Khairunnas Surabaya.

 

Mengenalkan agama kepada anak harus dilakukan sejak dini. Tentunya dengan cara menyenangkan dan mudah dipahami. Sebab pahala kebaikannya semua akan kembali lagi kepada orangtua, keluarga dan si anak itu sendiri. Seperti kegiatan menyambut Ramadhan yang dilakukan oleh SD Khairunnas Surabaya ini. Meskipun sederhana, namun semoga bisa menjadi salah satu jalan mengalirnya pahala kebaikan, kepada pihak sekolah, guru dan orangtua. Lalu bagaimana dengan kegiatan menyambut Ramadhan di sekolah putra-putri teman-teman semua? Apakah sama atau ada kegiatan yang lebih seru? Yuk, berbagi di kolom komentar ya.


Posting Komentar

2 Komentar

  1. Setuju, mengenalkan agama ke anak-anak harus dengan cara yg sederhana dan mudah difahami, soalnya kan abstrak banget yah. Tapi dengan contoh dan suasana yang menyenangkan, pastinya akan melekat di hati anak-anak yah...

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah meski daring sambut Ramadan di SD Khairunnas berlangsung sru ya..kegiatan yang bermanfaat bagi siswa-siswi sehingga suka cita sambut bulan mulia tetap terasa.
    Di sekolah anak bungsuku juga ada Tarhib Ramadan hari Sabtu lalu, diantaranya diisi Kak Ria Enes dan Suzan yang kebetulan oTM di sekolahnya dan kegiatan seru lainnya

    BalasHapus